Tips Kali Pertama Membeli Rumah

 

Tips Beli Rumah

Tips beli rumah berikut ini bisa Anda jadikan pedoman untuk kali pertama membeli rumah. Membeli sebuah rumah bisa jadi gampang-gampang susah. Terlebih bila belum ada pengalaman. Cara pembayaran yang dipilih pun sangat berpengaruh pada proses yang mesti Anda lalui selanjutnya.

Tips dan Trick Membeli Rumah

Bagi Anda yang ingin membeli rumah perdana, sebaiknya jangan anggap sepele beberapa poin di bawah ini. Agar transaksi jual beli berjalan lancar, berikut tips membeli rumah untuk pertama kalinya:

· Pilih Lokasi

Saat akan membeli rumah, lokasi menjadi faktor penting. Tidak hanya berlaku untuk pembelian rumah pertama, tetapi juga berlaku pada semua orang yang berencana membeli rumah. Lokasi rumah penting lantaran berkaitan langsung dengan keamanan lingkungan tempat tinggal, ketersediaan fasilitas umum, akses transportasi, dan sebagainya.

· Pertimbangkan Harga

Berkaitan dengan harga dibutuhkan perencanaan awal lebih dulu. Perkirakan kira-kira berapa harga rumah yang mampu Anda beli. Tips beli rumah ini bertujuan agar Anda fokus pada rumah yang ditawarkan dengan harga sesuai. Memilih harga rumah sesuai kemampuan finansial sekiranya juga tidak memberatkan Anda dalam kebutuhan pembayaran.

· Track Record Developer

Sebelum deal membeli rumah sebaiknya Anda cek dulu track record developer atau pengembang. Cari tahu bagaimana pelayanan pihak pengembang. Apakah kerap terlambat dalam hal serah terima rumah? Cari tahu pula kualitas bangunan yang sudah digarap pada projek sebelumnya.

· Kemudahan Pembayaran

Pihak developer biasanya menawarkan beberapa cara pembayaran. Mulai dari tunai keras, tunai bertahap, dan juga KPR. Bila memang tersedia uang tunai cukup, sekiranya Anda bisa membayar secara tunai keras. Biasanya ada potongan harga untuk pembayaran tunai keras. Namun, bila dana masih pas-pasan tidak perlu khawatir. Lantaran KPR kini ditawarlan sebagai opsi primadona.

· Pastikan Waktu Serah Terima

Point penting terakhir pastikan waktu serah terima rumah. Karena itu, tanyakan kepada pihak developer kapan rumah bisa Anda tempati. Bila nantinya ada keterlambatan, pastikan pula konsekuensi yang semestinya diterima pihak developer.
Itulah beberapa tips untuk panduan Anda. Semoga kali pertama Anda membeli rumah berjalan lancar dengan panduan tips beli rumah di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *